WoW dotA Allstars

This is Description

Jumat, 09 November 2012

IPTEK


Mendengar kata Hawaii yang pertama terlintas di pikiran kita sudah pasti pasir putih dan tarian hula-hulanya :. Padahal di sana juga terdapat banyak tempat yang menyajikan wisata Iptekyang menarik. Berikut beberapa tempat yang memberikan ilmu pengetahuan bila kita mengunjungi Hawaii.


Quote:Wisata Gunung Berapi
Quote:
Hawaii muncul dari laut jutaan tahun lalu, akibat dari letusan gunung berapi. Di sini ada beberapa tempat yang memungkinkan pengunjung mempelajari tentang gunung berapi. Salah satunya adalah Hawaii Volcanoes National Parkdi Big Island. Kawasan ini termasuk objek wisata andalan Hawaii, lebih dari 1 juta pengunjung datang ke tempat ini tiap tahun. Taman masional ini luasnya lebih dari 1300 km2. Sebagian besar kawasan ini dapat di kunjungi wisatawan termasuk puncak, kawah aktif hingga lava cair. Di Big Island ada limas gunung api yaitu KohalaMauna KeaHualalaiMauna Loa dan Kilauea. Diantaranya gunung-gunung berapi itu yang paling aktif adalah Gunung Kilauea. Gunung ini terus menerus memuntahkan lava cair yang disebut pahoehoe lava. Bila kondisi memungkinkan, pengunjung dapat berjalan di lava beku yang sudah dingin untuk mendekati aliran lava dari dekat.
Spoilerfor Gunung Kilauea

Quote:Lava Tree State Park
Quote:
Di kawasan ini ada banyak “pohon lava”, yaitu pohon-pohon yang di selubungi lava beku. Pohon-pohon ini terbentuk saat aliran lava mengubur pohon Ohia hingga setinggi 3,5 meter. Pohon Ohia menyebabkan lava di sekeliling mendingin. Sampai sekarang pohon-pohon itu masih berdiri, sebagian di antaranya bersosok mirip manusia. Objek wisata ini termasuk unik sehingga banyak di kunjungi wisatawan.
Quote:Chain Of Craters Road
Quote:
Di Hawaii Volcanoes National Park mempunyai jalan sepanjang 23 mil yang disebut Chain of Craters Roadyang terkenal untuk wisatawan. Sebagian badan jalan berkali-kali tertutup lava Gunung Kilauea. Jalan ini memiliki berbagai cabang kecil. Dari jalan-jalan kecil itu pengunjung dapat pergi ke beberapa tempat menarik seperti lubang kawah atau aliran lava aktif. Di beberapa bagian pengunjung akan melalui hutan hujan dan pantai yang pemandangannya indah. Di sini juga kita dapat menemukan Kaldera Kiluae yang terkenal. Kaldera yang diameternya sekitar 2-3 mil ini terdapat di bagian barat daya dekat puncak Gunung Kilauea. Dari sini suara lava yang mengalir masih terdengar.
Spoilerfor Chain Of Craters Road
Quote:Pearl HarbourQuote:
Salah satu tempat yang tidak boleh terlewatkan adalah Pearl Harbor, di pulau Oahu. Tempat bersejarah ini sekarang sudah di buka untuk umum. Di sana kita dapat menemukan dua kapal perang AS yang dijadikan museum yaitu, USS Arizona Memorial dan USS Missouri.
Quote:Tempat Menarik LainnyaQuote:
Masih banyak tempat yang menarik untuk di pelajari. Bagi yang suka Biologi di sini kita berkesempatan melihat paus dan lumba-lumba dari dekat. Bagi yang suka Astronomi, di sini ada Imiloa Astronomy Center yang di buka untuk umum dan sering di kunjungi anak-anak sekolah.

Blok Diagram Pemancar FM Stereo


Blok diagram Pemancar FM Stereo. Dalam sebuah pemancar FM (Frequency Modulation), proses modulasi mengakibatkan perubahan frekuensi sinyal pembawa berupa deviasi frekuensi yang besarnya sebanding dengan amplitudo sinyal pemodulasi (pesan). Berbeda dengan pemancar AM pada umumnya, pemodulasian dilakukan pada tingkat modulator yang merupakan awal dari tingkat osilator.
Untuk lebih jelasnya kita perhatikan blok diagram sebuah pemancar FM sederhana :
Blok Diagram Pemancar FM Stereo
1. Encoder
Bagian ini merupakan tahap awal masukan yang berasal dari audio-prosessordan hanya ada pada sistem pemancar FM stereo. Pada sistem pemancar mono bagian ini tidak ada. Encoder mengubah sinyal perbedaan L dan R menjadi sinyal komposit 38 kHz termodulasi DSBSC. Lebih jelasnya silahkan baca artikel saya mengenai Sistem Pemancar FM Stereo.
2. Modulator FM/PM
Modulator FM (Frequency Modulation) atau dapat juga berupa modulator PM (Phase Modulation). Prinsip dasarnya adalah sebuah modulator reaktansi. Pada FM, sinyal audio level daya rendah mengguncang reaktansi kapasitif dari varaktor deoda untuk menghasilkan deviasi frekuensi osilator. Amplitudo tertinggi sinyal audio berakibat pada turunnya nilai kapasitansi (naiknya reaktansi kapasitif) varaktor sehingga frekuensi osilator berada pada nilai tertinggi. Sebaliknya, pada level terendah sinyal pemodulasi, berakibat pada naiknya kapasitansi (turunnya reaktansi kapasitif) varaktor sehingga frekuensi osilator berada pada nilai terendah. Lebar deviasi tidak lebih dari 75 kHz untuk setiap sisi atau 150 kHz secara keseluruhan.
3. Osilator
Membangkitkan getaran frekuensi tinggi sesuai dengan frekuensi lingkar tala dari generator tala yang pada umumnya menggunakan resonator paralel berupa LC jajar. Nilai C dibangun sebagian atau keseluruhan menggunakan varaktor deoda yang ada pada bagian modulator (untuk tipe modulator dengan varaktor). Pada FM komersial, frekuensi kerja osilator mulai 87,50 MHz s/d 108,50 MHz untuk FM II dan 75,50 MHz s/d 96,50 MHz untuk FM I.
4. Buffer (Penyangga)
Penyangga (buffer) berfungsi menguatkan arus sinyal keluaran dari osilator. Sebuah penyangga identik dengan rangkaian dengan impedansi masukan tinggi dan impedansi keluaran rendah sehingga sering digunakan emitor follower pada tahap ini.
5. Driver (Kemudi)
Rangkaian driver berfungsi mengatur penguatan daya (tegangan dan arus) sinyal FM dari penyangga sebelum menuju ke bagian penguat akhir. Pada sistem pemancar FM sering digunakan penguat kelas A untuk menjamin linieritas sinyal keluaran. Mengingat efisiensi penguat kelas A yang rendah (hanya sekitar 30%), maka perlu beberapa tingkatan driver sebelum penguat akhir (final amplifier). Pada tahap driver, penggunaan tapis -lolos-bawah sangat dianjurkan untuk menekan frekuensi harmonisa.
6. Penguat Akhir (Final Amplifier)
Bagian penguat akhir merupakan unit rangkaian penguat daya RF efisiensi tinggi, untuk itu sering dan hampir selalu digunakan penguat daya RF tertala kelas C karena menawarkan efisiensi daya hingga “100%”. Bagian akhir dari penguat akhir mutlak dipasang filter untuk menekan harmonisa frekuensi.
7. Antena
Mengubah getaran listrik frekuensi tinggi menjadi gelombang elektromagnetik dan meradiasikannya ke ruang bebas. Jenis antena sangat berpengaruh pada pola radiasi pancaran gelombang elektromagnetik.
8. Catu Daya (Power Supply)
Catu daya harus mempu mensuplay kebutuhan daya listrik mulai dari tingkat modulator – osilator sampai tingkat penguat akhir daya RF. Pemasangan shelding pada blok pen-catu daya merupakan hal penting untuk sistem pemancar FM, selain itu pemakaian filter galvanis sangat dianjurkan untuk menekan sinyal gangguan pada rangkaian jala-jala dan sebaliknya.
Dalam sebuah blok diagram pemancar FM stereo seperti gambar di atas, untuk dapat bekerja dengan baik, diperlukan penalaan rangkaian. Dalam sistem pemancar FM modern, tingkat encoder sampai dengan driver telah tersedia dalam bentuk modul yang dikenal dengan istilah Excitter FM Stereo. Pada modul semacam itu tidak diperlukan penalaan rangkaian secara manual karena rangkaian tala sudah dirancang sedemikian rupa untuk dapat bekerja pada bidang yang lebar, sehingga penalaan hanya dilakukan pada bagian input dan output penguat akhir daya RF.
SUMBER :  http://oprekzone.com/blok-diagram-pemancar-fm-stereo/

EKOLOGI


PENGERTIAN EKOLOGI
Ekologi berasal dari bahasa Yunani oikos (rumah atau tempat hidup) dan logos
(ilmu). Secara harafiah ekologi merupakan ilmu yang mempelajari organisme dalam tempat
hidupnya atau dengan kata lain mempelajari hubungan timbal-balik antara organisme dengan
lingkungannya. Ekologi hanya bersifat eksploratif dengan tidak melakukan percobaan, jadi
hanya mempelajari apa yang ada dan apa yang terjadi di alam.
Pada saat ini dengan berbagai keperluan dan kepentingan, ekologi berkembang
sebagai ilmu yang tidak hanya mempelajari apa yang ada dan apa yang terjadi di alam.
Ekologi berkembang menjadi ilmu yang mempelajari struktur dan fungsi ekosistem (alam),
sehingga dapat menganalisis dan memberi jawaban terhadap berbagai kejadian alam. Sebagai
contoh ekologi diharapkan dapat memberi jawaban terhadap terjadinya tsunami, banjir, tanah
longsor, DBD, pencemaran, efek rumah kaca, kerusakan hutan, dan lain-lain.
Struktur ekosistem menurut Odum (1983), terdiri dari beberapa indikator yang
menunjukan keadaan dari system ekologi pada waktu dan tempat tertentu. Beberapa penyusun
struktur ekosistem antara lain adalah densitas (kerapatan), biomas, materi, energi, dan faktorfaktor
fisik-kimia lain yang mencirikan keadaan system tersebut. Fungsi ekosistem
menggambarkan hubungan sebab akibat yang terjadi dalam system.
Berdasarkan struktur dan fungsi ekosistem, maka seseorang yang belajar ekologi
harus didukung oleh pengetahuan yang komprehensip berbagai ilmu pengetahuan yang
relevan dengan kehidupan seperti: taksonomi, morfologi, fisiologi, matematika, kimia, fisika,
agama dan lain-lain. Belajar ekologi tidak hanya mempelajari ekosistem tetapi juga otomatis
mempelajari organisme pada tingkatan organisasi yang lebih kecil seperti individu, populasi
dan komunitas.
Menurut Zoer´aini (2003), Seseorang yang belajar ekologi sebenarnya
mempertanyakan berbagai hal antara lain adalah:
1. Bagaimana alam bekerja
2. Bagaimana species beradaptasi dalam habitatnya
3. Apa yang diperlukan organisme dari habitatnya untuk melangsungkan kehidupan
4. Bagaimana organisme mencukupi kebutuhan materi dan energi
5. Bagaimana interaksi antar species dalam lingkungan
6. Bagaimana individu-individu dalam species diatur dan berfungsi sebagai populasi
PERTEMUAN I
2
7. Bagaimana keindahan ekosistem tercipta
Dari perpaduan harafiah dan berbagai kajian, maka ekologi dapat dikatakan sebagai
ilmu yang mempelajari seluruh pola hubungan timbalbalik antar mahluk hidup dan juga
antara mahluk hidup dengan lingkungannya. Manusia sebagai mahluk hidup juga menjadi
pembahasan dalam kajian ekologi. Ekologi menjadi jembatan antara ilmu alam dengan ilmu
social.
PEMBAGIAN EKOLOGI
Ekologi dapat dibagi menjadi autekologi dan sinekologi
1. Autekologi membahas sejarah hidup dan pola adaptasi individu-individu organisme
terhadap lingkungan
2. Sinekologi membahas golongan atau kumpulan organisme yang berasosiasi bersama
sebagai satu kesatuan
Bila studi dilakukan untuk mengetahui hubungan jenis serangga dengan
lingkungannya, kajian ini bersifat autekologi. Apabila studi dilakukan untuk mengetahui
karakteristik lingkungan dimana serangga itu hidup maka pendekatannya bersifat sinekologi.
APLIKASI EKOLOGI
Manusia diciptakan Tuhan sebagai makhluk yang memiliki banyak keistimewaan
dibanding dengan makhluk lainnya. Manusia dibekali dengan kelebihan akal dan pikiran.
Mampukan dengan akal dan pikirannya, manusia melindungi, merawat dan mensejahterakan
alam sekitarnya? Jawaban paling simple dan mudah adalah mari kita lihat saja lingkungan
yang ada disekitar kita.
Manusia sebagai bagian dari alam semesta dan berbekal akal dan pikirannya saat ini
sebagian telah menjadi monster bagi dirinya sendiri, makhluk lain dan lingkungannya.
Kegiatan-kegiatan untuk mensejahterakan dirinya justru menjadi malapetaka. Penggunaan
pestisida untuk meningkatkan hasil panen meninggalkan residu yang karsinogenik dan
membunuh banyak mahluk hidup lain bukan sasaran, penebangan hutan, penggunaan unsur
radioaktif, penggunaan bahan-bahan kosmetik, pengharum, pembangunan industri,
pembangunan perumahan dan lain-lain justru menjadi bumerang bagi manusia itu sendiri.
Menguasai Saintek dan knowledge bagi manusia adalah merupakan kewajiban, tetapi
pengetahuan dan ilmu tersebut harus benar-benar diperuntukan bagi kesejahteraan alam

SDA


Jenis-Jenis Sumber Daya Alam



Sumber Daya Alam (SDA) adalah segala sesuatu yang ada di alam bumi ini yang dapat dipergunakan untuk pemenuhan hidup manusia.
Pembagian jenis-jenis sumber daya alam dapat bermacam-macam:
- Berdasarkan Ketersediaannya:
1. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui
2. Sumber daya alam yang dapat diperbarui
3. Sumber daya alam yang tidak akan habis pakai
- Berdasarkan asalnya sumber daya alam dibagi:
1. Sumber Daya Alam Biotik (organik) merupakan SDA yang berasal dari kehidupan.
Contoh: batubara, minyak bumi.
2. Sumber Daya Alam Abiotik (anorganik) merupakan SDA yang berasal bukan dari kehidupan.
Contoh: timah, emas, bauksit.
- Berdasarkan kelestariannya:
1. Renewable Natural Resources (Sumber Daya Alam yang dapat diperbarui) merupakan Sumber Daya Alam yang dapat terus diusahakan keberadaanya atau dapat dilestarikan.
Contoh: Air, Tumbuh - Tumbuhan.
2. Unrenewable Natural Resources (Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbarui) merupakan Sumber Daya Alam yang akan habis jika terus menerus digunakan atau sulit dijaga kelestariaannya. Karena membutuhkan waktu yang sangat lama dalam proses pembentukannya.
Contoh: barang-barang tambang.
- Berdasarkan pemanfaatannya
1. Sumber daya alam materi: yang di manfaatkan adalah materi sumber daya alam tersebut. Contoh: bahan galian yang digunakan untuk pemenuhan kebutuhan.
2. Sumberdaya alam hayati: sumber daya yang memanfatkan makhluk hidup. meliputi hewan dan tumbuhan.
3. Sumber daya alam energi: Yang dimanfaatkan adalah energi yang tekandung dalam sumber daya alam tersebut. Contoh: BBM.
4. Sumber daya alam ruang merupakan pemanfaatan ruang atau tempat yang diperlukan manusia dalam hidupnya.
5. Sumber daya alam waktu: Sumber Daya Alam yang pemanfaatannya tergantung waktu. Contoh: Sawah tadah hujan hanya dapat difungsikan saat musim penghujan
- Berdasarkan Pembentukan:
1. Sumber Daya Alam Biotik terbentuk dari adanya proses tumbuh dan berkembangnya makhluk hidup.
Contoh: Tumbuhan, Hewan
2. Sumber Daya Alam Fisis terbentuk dari proses fisis dan kekuatan alam.
Contoh: air, tanah, udara, barang tambang.
3. Sumber Daya Alam Lingkungan terbentuk dari penggabungan antara faktor fisis dan biotik.
Contoh: Lingkungan pegunungan, lingkungan lembah.
- Sumber daya alam berdasarkan nilai ekonomis atau nilai kegunaannya:
1. Sumber Daya Alam Ekonomis Tinggi merupakan sumber daya alam yang dalam mendapatkannya memerlukan biaya yang tinggi.
Contoh: mineral dan logam mulia seperti emas, perak, intan.
2. Sumber Daya Alam Ekonomis Rendah merupakan sumber daya alam yang dalam mendapatkannya memerlukan biaya yang relatif murah.
Contoh: Pasir, Batu.
3. Sumber Daya Alam nonEkonomis merupakan sumber daya alam yang dalam mendapatkannya tidak memerlukan biaya.
Contoh: Udara, Sinar dan Panas Matahari
- Sumber daya alam berdasarkan bentuknya dapat dikelompokkan ke dalam lima (5) kelompok, yaitu sebagai berikut:
1. Sumber daya lahan atau tanah
2. Sumber daya hutan
3. Sumber daya air
4. Sumber daya laut
5. Sumber daya mineral
- Sumber daya (resources) menurut Undang-Undang Republik Indonesia tentang Lingkungan Hidup No.4 Tahun 1982 dapat dikelompokkan menjadi empat kategori utama, yaitu:
1. sumber daya manusia;
2. sumber daya alam hayati;
3. sumber daya alam nonhayati;
4. sumber daya buatan.
- Sumber daya alam menurut Barlow dapat dibagi ke dalam tiga kelompok, yaitu sebagai berikut:
1. Sumber Daya Alam yang dapat diperbarui
2. Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbarui
3. Sumber Daya Alam yang Memiliki sifat Gabungan
    a. Sumber Daya Biologis
    b. Sumber Daya Tanah (lahan)

Kamis, 11 Oktober 2012

Bukti Bulan

saya punya beberapa cerita pendek yang adik saya buat ya siapa tau menarik dan membuat anda semua yg melihat penasaran :D

                                                              BUKIT BULAN

“Bu coba lihat itu. Cahanya indah sekali bukan?”
“Iya nak kamu benar. Tapi hati-hati mloh nak.”
“Memangnya ada apa bu?”
“Cahaya itu sangat berbahaya nak. Itu adalah cahaya yang sangat misterius. Kamu tahu tidak? Cahayanya keluar dari dalam tanah. Semua orang tak ada yang tahu dari mana asal cahaya yang nampak seperti bulan itu. Baginda raja pun sudah memerintahkan beberapa orang sakti untuk mencari tahu sumber cahaya itu. Tetapi kamu tahu apa hasilnya?”
“Tidak bu. Apa yang terjadi?”
“Tak satupun dari mereka pulang dengan selamat. Ada yang lumpuh, buta, hilang tangannya bahkan mati nak. Pokoknya tempat itu sangat terlarang dan membahayakan. Jangan sekali-kali kamu main disitu kalau tidak ingin celaka.”
“Ibu aku takut.. seram sekali tempat itu. Aku tidak akan pernah mendatangin tempat berbahaya itu bu.” Ujar seorang anak sambil memegang erat tangan sang ibu.
Sekilas adalah percakapan seorang ibu dan anak sepulang mencari kayu di hutan. Mereka adalah rakyat negeri Penegak. Negeri penegak adalah sebuah negeri kecil yang tidak memiliki banyak penduduk. Negeri ini teramat masyur dan tentram. Rakyatnya selalu tolong-menolong dalam mengerjakan semua hal.
Tidak jauh dari negeri Penegak, ada sebuah hutan belantara yang sekarang bernama Bukit Bintang. Hutan belantara ini belum didiami oleh manusia. Bukit Bintang memiliki sebuah rahasia yang belum dapat dipecahkan sampai sekarang. Baginda raja sudah lama mengamati bahwa pada malam dan pagi hari bukit bintang selalu memancarkan sinar bulan dari dalam bumi. Hal ini membuat heran semua rakyat negeri Penegak. Umumnya cahaya bulan disinarkan dari lagit tetapi berbeda halnya dengan Bukit Bintang.
Melihat hal aneh ini baginda sudah berusaha untuk menyelidikinya, tetapi tidak membuahkan hasil apa-apa. Tidak tinggal dia, bagindapun menyuruh orang lain untuk mencari tahu sumber cahaya itu. Bukan hasil yang didapat tetapi malapetaka yang dapat oleh mereka. Sepulang melakukan penyelidikan, hanya sedikit orang yang dapat kembali dengan selamat tanpa hasil yang sia-sia.
Ada yang pulang hanya membawa dendam, ada yang lumpuh dan ada pula yang bisu. Bahkan ada yang tidak kembali dengan selamat. Karena tidak ingin menelan lebih banyak korban lagi, baginda memutuskan untuk menghentikan penyelidikan itu. Sinar bulan yang muncul dari dalam tanah di Bukit Bintang tetap lah menjadi teka-teki selamanya.
Pagi itu cuaca di sekitar negeri Penegak sangat cerah. Burung-burung berkicauan, bunga-bunga bermekaran dan terdengar tawa anak kecil bermain gembiranya. Keceriaan ini tak sama halnya dengan seorang pengembara dari tanah Minangkabau. Seorang lelaki muda tersebut berjalan tak tentu arah hingga berhenti tepat di depan rumah baginda raja.
Raut muka pemuda terlihat murung dan kelelahan. Melihat hat itu raja menghampirinya dan mengajaknya untuk masuk kedalam istana.
“Wahai anak muda.. Siapakah engkau. Dari mana engkau berasal. Nampaknya kau datang dari jauh dan terlihat tetah.” Kata raja kepada orang asing tersebut setelah mereka berhadapan.
“Hamba adalah Datuk Mengkuto Sati tuan. Hamba berasal dari negeri Minangkabau tuan. Hamba menempuh perjalanan ini dengan berjalan kaki tuan.” Jawab pemuda itu.
“Jauh sekali nak kau berjalan. Kau terlihat sangat letih nak. Beristarahatlah di kediaman ku.”
“Terimakasih banyak tuan. Tuan jika engkau berkenan terimalah hamba yang malang ini tuan. Hamba tidak tahu harus kemana lagi hamba berjalan.”
“Baik lah nak. Aku akan mengangkatmu menjadi anak angkatku.” Jawab raja.
Pemuda itu merantau ke Jambi karena ingin merajuk. Ia telah menempuh perjalanan yang sangat lama. Mendaki gunung, membelah hutan belantara, melewati lembah dan mengarungi sungai. Berkat kesaktiannya taksedikitpun terdapat lecet pada tubuhnya.
Raja menerima pemuda ini dengan rasa gembira. Pemuda ini memiliki tutur kata yang lemah lembut. Budi bahasanya baik. Sikapnya sangat sopan. Ia memiliki wajah yang tampan dan selalu bersinar. Pemuda ini juga selalu bijak dala mengambil keputusan. Raja sangat menyukainya. Tak heran Datuk Mengkuto diangkat sebagai anak oleh raja.
Sudah lama Datuk Mangkuto tinggal dalam lingkungan kerajaan. Raja berharap ia dapat membawa kebaikan untuk negeri Penegak. Suatuhari Datuk Mangkuto diperintahkan oleh raja untuk menyelidiki sinar bulan yang berasal dari dalam bumi yang berada di hutan belantara sebelah barat dari negeri mereka. Raja memamng sangat berharap Datuk Mngkuto dapat menjawab teka-teki mereka selama ini.
“Anakku, apa engkau melihat cahaya dari sebelah barat itu?” Tanya raja kepadanya.
“Ya Tuanku, sudah lama hamba mengetahuinya. Cahaya itu seperti cahaya bulan bukan?” Jawab Datuk Mangkuto.
“Itulah yang menjadi pertanyaan kamu selama ini anakku. Sudah puluhan orang aku kirim untuk menyelidiki asal cahaya itu tetapi tak satupun yang dapat memberikan jawaban. Tak jarang mereka pulang tanpa nyawa. Aku sendiri sudah berusaha untuk mencari tahunya tetapi akupun tidak mendapatkan jawabannya. Anakku aku sangat berharap kamu dapat menjawab teka-teki kami selama ini.”

Jogjakarta


YOGYAKARTA (sering juga disebut Jogja, Yogya, atau Jogya) terletak di tengah Pulau Jawa - Indonesia, tempat segalanya masih murah. Cukup dengan 200rb sehari, Anda sudah bisa menginap, menyantap masakan tradisional yang terkenal, dan menyewa motor untuk menjelajahi pantai-pantai yang masih perawan dan candi-candi kuno berusia ribuan tahun.

Seribu tahun silam, Yogyakarta merupakan pusat kerajaan Mataram Kuno yang makmur dan memiliki peradaban tinggi. Kerajaan inilah yang mendirikan Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha terbesar di dunia, 300 tahun sebelum Angkor Wat di Kamboja. Peninggalan lainnya adalah Candi Prambanan, Istana Ratu Boko, dan puluhan candi lainnya yang sudah direstorasi maupun yang masih terpendam di bawah tanah (lihat Wisata Candi).

Namun oleh suatu sebab yang misterius, Kerajaan Mataram Kuno memindahkan pusat pemerintahannya ke Jawa Timur pada abad ke-10. Candi-candi megah itu pun terbengkalai dan sebagian tertimbun material letusan Gunung Merapi. Perlahan-lahan, wilayah Yogyakarta pun kembali menjadi hutan yang lebat.

Enam ratus tahun kemudian, Panembahan Senopati mendirikan Kerajaan Mataram Islam di wilayah ini. Sekali lagi Yogyakarta menjadi saksi sejarah kerajaan besar yang menguasai Pulau Jawa dan sekitarnya. Kerajaan Mataram Islam ini meninggalkan jejak berupa reruntuhan benteng dan makam kerajaan di Kotagede yang kini dikenal sebagai pusat kerajinan perak di Yogyakarta

entah knpa saya selalu merasa kota terindah di Indonesia ini adalah jogjakarta saya beruntung mempunyai orang tua yg lair di kota jogja,ga pernah bisa lupain suasana kota nan indah ini :')

Sumber Daya


Kabupaten Wakatobi adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Wangi-Wangi, dibentuk berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2003, tanggal 18 Desember 2003. Luas wilayahnya adalah 823 km² dan pada tahun 2003 berpenduduk 91.497 jiwa, terdiri dari laki-laki 44.843 jiwa dan perempuan 46.654 jiwa.
Wakatobi juga merupakan nama kawasan taman nasional yang ditetapkan pada tahun 1996, dengan luas keseluruhan 1,39 juta hektare, menyangkut keanekaragaman hayati laut, skala dan kondisi karang yang menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia.
Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Wakatobi berdasarkan harga berlaku pada tahun 2003 sebesar Rp. 179.774,04,- juta, sedikit lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya, yaitu sebesar Rp. 160.473,67,- juta. Berdasarkan harga berlaku, PDRB per kapita Kabupaten Wakatobi pada tahun 2002 adalah sebesar Rp. 1.833.775,23,- menjadi Rp. 2.026.993,35,- pada tahun 2003 atau naik sebesar 10,54%

secara garis besar bahwa indonesia masih berpotensi mempunyai sumber daya alam yang kaya raya namun campur tangan pemerintah pun harus ikut ambil dalam melestarikan sumber daya di wakatobi,jadi sebagai bangsa indonesia kita patut berbangga bahwa negara kita mempunyai berjuta macam keaneka ragaman flora fauna lautnya :)


sumber : youtube.com

EKOLOGI

lahan basah di daerahotonomi tibet merupakan lahan basah terbesar di negara china hal ini sangat menyokong untuk ekosistem padang rumput di sana,nah dataran ini terletak lebih dari 400m di atas permukaan air laut danau xelingxo mempunyai beraneka ragam macam flora dan fauna yg melimpah juga tentunya,namunnya air di danau ini berasa asin di karenakan danau ini mengandung banyak mineral" penting


seharusnya Indonesia bisa mengikuti seperti china selalu merawat dan melestarikan daerah tidak hanya mebesar"kan pembangunan namun harus tetap menjaga dan melindungi alam sekitar

Sumber : youtube.com

Sabtu, 09 Juni 2012

SISTEM PERIODIK UNSUR

Golongan dan Periode
Sistem periodik moderen di susun berdasarkan jumlah proton dan muatan intinya .Tabel periodik ini terdiri dari kolom vertikal yang disebut golongan,dan kolom Horizontal  yang di sebut periode.
1.Golongan
Pada tabel periodik moderen,terdiri dari 18 lajur vertikal yang terbagi menjadi 8 golongan utama (golonga A) dan 8 golongan transisi (golongan B). Golongan Utama(terdiri dari 8 golongan)
1 = Alkali (H,Li,Na,K,Rb,Cs,Fr)
2 = Alkali Tanah (Be,Mg,Ca,Sr,Ba,Ra)
3 = Boron (B,Al,Ga,In,Tl)
4 = Karbon ( C,Si,Ge,Sn,Pb)
5 = Nitrogen (N,P,As,Sb,Bi)
6 = Oksigen (O,S,Se,Te,Po)
7 = Halogen (F,Cl,Br,I,At)
8 = Gas Mulia (He,Ne,Ar,Kr,Xe,Rn)
Golongan Transisi (teridir dari 8 golongan)
-      Pada golongan 3

·         Pada periode 6 ada unsur-unsur lantanida (Transisi dalam)
C Pr Nd Pm Sm Eu Gd Tb Dy Ho Er Tm Yb Lu
·         Pada Periode 7 terdapat unsur-unsur aktinida (transisi luar) yang letaknya menjorok ke belakang.
Th  Pa U Np Pu Am Cm Bk Cf Es Fm Md No Lw
2.Periode
 Periode menunjukan jumlah kulit terluar dari unsur tertentu.Tabel Periodik modern terdiri dari 7 Periode sehingga banyaknya kulit pada unsur maksimal adalah 7 (kulit Q),
Cari Letak Unsur pada SPU
Sistem periodik unsur modern disusun berdasarkan kenaikan nomor atom ( konfigurasi elektron ) dan kemiripan sifatnya.  Dalam sistem periodik unsur modern secara umum kelompok atom dibedakan atas Periode dan Golongan .
a. Hubungan konfigurasi elektron dengan Periode dan Golongan.
Hubungan konfigurasi elektron dengan periode dan golongan pada sistem periodik unsur adalah sebagai berikut :

No
Elektron terakir pada sub kulit
Golongan
Periode
Nomor
Jenis
1
s
= ev
A
= Kulit terakir
2
p
= ev
A
= Kulit terakir

3

d  harus diperhatikan     nsx , (n-1)dy
Jika  x + y < 8
      
x + y = 8,9,10
     
 x + y = 11
    
 x + y = 12




= x + y

VIII

I

II




B

B

B

B




= Kulit terakir
4
4f
III
B
6
5
5f
III
B
7

            Contoh :
            Tentukan Periode dan Golongan dari unsur-unsur berikut :
a.    35Br
b.    12Mg
c.    26Fe 
Jawab.
a.    Konfigurasi elektron 35Br adalah    ( Ar ) 3d10 ,4s2 ,4p6
Kulit valensi / kulit terakhir terisi 4 maka terletak pada periode 4
Jumlah elektron pada kulit valensi 8 maka terletak pada golongan VIIIA
b.    Konfigurasi elektron 12Mg adalah   ( Ne ) 4s2
Kulit valensi / kulit terakhir terisi 4 maka terletak pada periode 4
Jumlah elektron pada kulit valensi 2 maka terletak pada golongan IIA
c.    Konfigurasi elektron 26Fe adalah    ( Ar ) 3d6 ,4s2
 Kulit valensi / kulit terakhir terisi 4 maka terletak pada periode 4
Jumlah elektron pada kulit valensi 8 dan terkhir mengisi subkulit d maka terletak pada golongan VIIIB.
Sifat Periodik
1.Jari jari atom adalah jarak dari inti atom ke lintasan elektron terluar.
- Dalam satu perioda, dari kiri ke kanan jari jari atom berkurang. - Dalam satu golongan, dari atas ke bawah jari-jari atom bertambah. - Jari-jari atom netral lebih besar daripada jari-jari ion positifnya tetapi lebih kecil dari jari-jari ion negatifnya.
Contoh:
jari-jari atom Cl < jari-jari ion Cl-
jari-jari atom Ba > jari-jari ion Ba2+
 2. Potensial ionisasi adalah energi yang diperlukan untuk melepaskan elektron yang paling lemah/luar dari atom suatu unsur atau ion dalam keadaan gas.

-  Dalam satu perioda, dari kiri ke kanan potensial ionisasi bertambah. - Dalam satu golongan, dari atas ke bawah potensial ionisasi berkurang.
 3. Affinitas elektron adalah besarnya energi yang dibebaskan pada saat atom suatu unsur dalam keadaan gas menerima elektron.

- Dalam satu perioda, dari kiri ke kanan affinitas elektron bertambah. -  Dalam satu golongan, dari atas ke bawah affinitas elektron berkurang.
 4.  Keelektronegatifan adalah kemampuan atom suatu unsur untuk menarik elektron ke arah intinya dan digunakan bersama.

Selasa, 01 Mei 2012

Sub Program

Sub Program

Sub program adalah bagian dari program yang ditulis terpisah dari program utama. Berbeda
dengan fungsi sub program tidak mengembalikan nilai keluaran. Sub program sangat berguna
untuk menghindari penulisan barisan statement / instruksi yang berulang-ulang. Sub program
ini biasa juga disebut sebagai prosedur. Sama dengan fungsi dalam QBASIC sub program
ditulis secara terpisah dari modul utama. Untuk berpindah-pindah modul tekan tombol F2.
Pembuatan sub program ditulis setelah statement SUB dan diakhiri dengan END SUB.
Bentuk umum penulisan SUB :
SUB nama_sub [(parameter)]
[blok statement]
END SUB
Di dalam sub program kita bisa juga mendeklarasikan variabel baru, tetapi bersifat lokal tidak
bisa diakses dari modul utama. Pemanggilan nama sub program di dalam modul utama
meyebabkan setiap statement dalam blok statement dalam sub program akan dilaksanakan.
Contoh program :
DIM pil AS INTEGER
CLS
LOCATE 5, 15
PRINT "< Menu Utama >"
LOCATE 6, 15
PRINT "1. Menu Pertama"
LOCATE 7, 15
PRINT "2. Menu Kedua"
LOCATE 8, 15
PRINT "3. Menu Ketiga"
LOCATE 9,15
INPUT "Pilihan Anda > "; pil
SELECT CASE pil
CASE 1
Satu
CASE 2
Page 59
Dua
CASE 3
Tiga
ELSE CASE
PRINT "Pilihan Anda Ngawur !"
END SELECT
END
SUB Satu
PRINT "ANDA MEMILIH MENU PERTAMA"
END SUB
SUB Dua
PRINT "ANDA MEMILIH MENU KEDUA"
END SUB
SUB Tiga
PRINT "ANDA MEMILIH MENU KETIGA"
END SUB
Output program :
< Menu Utama >
1. Menu Pertama
2. Menu Kedua
3. Menu Ketiga
Pilihan Anda > 3
ANDA MEMILIH MENU PERTAMA
Jika memasukan pilihan selain ketiga nomor tersebut akan tercetak kalimat :
Pilihan Anda Ngawur !