WoW dotA Allstars

This is Description

Minggu, 23 Oktober 2011

Ilmu Ekonomi


1)      Apa Ilmu Ekonomi itu?
Jawab   :  Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas.

2)      Siapa Pelaku Ekonomi itu?
Jawab   :
1.       Rumah Tangga Konsumsi /RTK
Rumah tangga konsumsi merupakan unit ekonomi yang paling kecil. Rumah tangga konsumsi adalah pemilik atau penyedia jasa dari berbagai faktor produksi. Faktor produksi yang dimiliki oleh rumah tangga akan digunakan oleh perusahaan untuk menghasilkan barang atau jasa. Rumah tangga konsumsi juga akan menggunakan barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhannya.
2.       Rumah Tangga Produksi/RTP/Perusahaan
Perusahaan adalah suatu organisasi yang didirikan oleh satu atau beberapa orang yang bertujuan untuk menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat. Perusahaan merupakan tempat berlangsungnya produksi.

3.       Pemerintahan
Pemerintahan mencangkup semua lembaga atau badan pemerintahan yang memiliki wewenang dan tugas mengatur ekonomi. Dan pemerintah terjun langsung dalam kegiatan ekonomi melalui perusahaan negara (BUMN/BUMD).

4.       Masyarakat Luar Negeri
Peranan masyarakat luar negeri sebagai pelaku ekonomi adalah :
1) Perdagangan
2) Pertukaran tenaga kerja
3) Penanaman modal
4) Pemberian pinjaman
5) Pemberian bantuan


3)      Apa Peran Pemerintah  ??
Jawab   : ialah mengatur perekonomian seperti:
-menghancurkan penghambat perekonomian
-mengatur nilai mata uang
-mengeluarkan kebijakan pro rakyat
-mengurangi kemiskinan lewat pendidikan ekonomi
Dan membantu menyelesaikan masalah perekonomian agar prekonomian lebih stabil disbanding sebelumnya

4)      Knpa Harus ada Kebijakan Dari Pemerintah ?
Jawab   : karna perekonomian di Negara ini di atur oleh pemerintah.lalu pemerintah mengeluarkan kebijakan agar inflansi ato ketidak stabilan ekonomi tidak meningkat drastis dan membantu para pelaku ekonomi menjalankan perekonomiannnya.

5)      Tujuan Pemerintah dalam kebijakannya ?
Jawab   :  Tujuan pemerintah dalam kebijakannya adalah  meningkatkan kemakmuran perekonomian masyarakatnya,meningkatkan kesempatan kerja penuh dan mengurangi pengangguran,menstabilkan harga” barang di pasaran,dan meningkatkan kerjasama ekonomi luar negri.